//
You're Reading...
Umum

Trojan Jangan Dianggap Enteng


trojan..? image by google seaceh

trojan..? image by google seacehTrojan..? ya  Trojan. Ada apa dengan trojan terus kenapa blog ini tiba-tiba meyinggung Trojan? Bukankah blog ini lebih senang mengkritik, menegur bahkan menulis artikel yang tidak berhubungan IT? Mungkin ini pemandangan aneh, tapi mungkin juga yang aneh jangan dipandang, karena semakin dipandang hanya membuat kita tidak mengerti, dan sebaiknya simak saja.

Blogger detik tentu saja sudah tahu ( ya meski belum semuanya sih  bahwa belum lama ini blogdetik sempat jatuh sakit, dan hingga saat ini entah sudah sembuh atau belum tapi yang jelas dalam proses pemulihan kesehatan (emang masuk rumah sakit? oh tidak, bukan itu maksud saya).

Tentu saja kita kaget, ketika mendapati blog kita error, forbidden accres, atau server not found dan lain-lain saya kurang faham maksudnya. Dan ini juga menimpa blogdetik, sehingga banyak orang yang berteriak blog saya error, blog saya rusak, blog saya berantakan, blog saya menari dan menyanyi, emang ada ya?  Saya sendiri sempat emosi, ketika momen pentingh harus saya publish, namun akhirnya saya tidak bisa mempulishnya, terlebih lagi publish itu sifatnya segera (jadi tidak katan menunda).

Dan siapa menyangka, errornya blog kita akibat invasi virus trojan (info dari fb blogdetik), siapa yang menyangka sebuah Platform besar tidak terganggu? semua yang didunia ini bekerja menggunakan rumus “kemungkinan” entah itu kemungkinan besar atau kemungkinan kecil saya sendiri kebingungan, tapi itu yang terjadi, trojan pun tega menyakiti banyak orang, menyakiti bloggerdetik yang lagi demam posting.

Banyak orang beranggapan, trojan bukanlah virus berbahaya, memang diakui jenis virus tidak begitu menakutkan tidak seperti virus-virus lain seperti nimda misalnya, dimana virus ini pernah saya baca dalam satu majalah (tidak ingat lagi majalahnya seperti apa) sempat menyerang 100 perusahaan besar di Amerika Serikat dan 10 negara di Eropa, hanya dalam waktu waktu 15 menit, bahkan dalam keterangan yang saya baca, satu perusahan asuransi dan perbankan Eropa dinyatakan bangkrut karena kehilangan data nasabahnya (entah benar atau tidak sumber ini tapi tapi yang jelas jutaan manusia dibuat takut.

Masih banyak virus-virus komputer yang mematikan manusia, lalu trojan? Dalam pemahaman saya (yang awam) trojan merupakan virus mata-mata yang dengan enaknya menyusup masuk kedalam sebuah sistem. Dalam waktu yang lama trojan akan tidur didalam sistem, dan kembali akan menginvasi sistem ketika sistem itu mulai di instal dan dijalankan.

Disetiap komputer tentu saja memiliki trojan, bahkan saya sendiri meyakini komputer keluar terbaru dari toko pun telah disusupi trojan, entah ini sengaja atau tidak, yang jelas secara perlahan trojan itu bangkit dari tidurnya dan mulai mengisap darah (vampir ya).

Saya beberapa kali membeli komputer baru, dalam keyakinan saya, komputer baru itu aman dari virus, ternyata saya keliru, semakin hari semakin saya menemukan masalah, dan masalah itu identik dengan serangan trojan. Trojan mulai menyerang satu persatu file registry dalam komputer saya, sehingga komputer terbaru pun harus masuk karantina.

Antivirus? saya memang bukan ahli dibidang IT, saya hanya penulis blog disamping saya bekerja kantoran. Tentu saja, tidak ketinggalan adalah tools teknologi seperti komputer dan internet, ketika virus mulai beraksi sudah pasti yang dipikirkan adalah antivirus. Bannyak antivirus didunia ini tetapi tidak mampu membunuh trojan, karena trojan menurut data yang pernah saya baca ada ribuan trojan yang menyebar di internet.

Saya pernah membantai virus angelo di komputer saya, hanya dengan menggunakan PCMedia, bahkan saya juga sempat berurusan dengan vurus nimda dan saya membantai habis dengan AVG, Avira, dan Kapersky (mohon dikoreksi penulisan anti virus), tetapi tidak dengan trojan. Trojan hanya bisa terdeteksi, dan bisa terhapus hanya beberapa saja, namun trojan ibarat nyamuk, ketika seekor nyamyk datang menggigit lengan dengan mudah menepuknya, tapi pada saat tidur ribuan nyamuk dengan mudahnya menggigit.

Demikian pula dengan trojan (dalam pandangan saya). Meski terdeteksi keberadaannya, namun tak mudah membabat habis gerakannya. Trojan pula saya ibaratkan inteligen, bisa merekam jejak sasarannya demi kepentingan programmernya, bahkan saya pernah diberi tahu teman, trojan sering digunakan untuk menyadap gerakan kita didunia maya.

Berarti, dalam perkembangannya, Trojan jangan dianggap sepele, jenis virus ini termasuk virus berbahaya yang tentu saja mematikan kegiatan kita semua diranah teknologi informasi.

sumber : blogdetik.com

About smpn35jakarta

Jl. Kayu Manis Gg. KH. Raiman No.71B Condet Balekambang Kramat Jati Jakarta Timur, Telp. 021 - 8004945 Fax. 021 80876578 Email : smpn35_jaktim@yahoo.co.id

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Social Networking

Twitter Terbaru

SMP Negeri 35 Statatistik

  • 96,620 Pengunjung
