//
You're Reading...
Umum

Kampus Pencetak Jutawan


Telegraph melansir kampus di Inggris Raya yang menghasilkan para jutawan di negara kerajaan tersebut.  Penelitian ini diperoleh berdasarkan survei yang dilakukan Skandia atas 549 jutawan dan multi-jutawan di Inggris, di mana sebesar 65 persen dari mereka pernah kuliah di universitas. Berikut daftarnya seperti dikutip dari Telegraph, Kamis (27/10/2011).

1. University of London

Universitas ini menghasilkan jutawan paling banyak di Inggris. Sebanyak 10,9 persen jutawan Inggris pernah kuliah di University of London. Kampus federasi ini terdiri dari 19 perguruan tinggi otonom, 10 perguruan tinggi yang fokus pada penelitian, dan sebuah komunitas dengan 120 ribu mahasiswa.

Salah satu kampus yang ada di bawah naungan University of London adalah University College London (UCL). Jutawan yang merupakan penulis sukses, Kent Follet adalah lulusan UCL.

Di UCL, dia belajar filsafat dan sempat bekerja sebagai wartawan dengan upah rendah di London Evening News. Pada masa 70-an, penulis asal Wales ini menulis 10 buku thriller yang tidak berhasil di pasaran. Namun kondisi berubah setelah dia mengubah gaya penulisan. Bukunya berjudul Eye of the Needle berhasil menggebrak pasar dan kemudian dibuat menjadi film.

2. University of Oxford

University of Oxford merupakan universitas terbaik kelima di dunia versi peringkat QS World University Rankings pada 2011. Kampus ini menghasilkan 7,8 persen jutawan di Inggris.

Universitas tertua yang menggunakan bahasa Inggris ini menghasilkan penulis, pemikir, ilmuwan, dan pengusaha sukses termasuk pemodal Nat Rothschild.

Pada 2011, keturunan kaum terpelajar ini diperkirakan memiliki kekayaan pribadi sebesar 1 miliar poundsterling atau setara dengan Rp14,1 triliun (Rp14,178 per poundsterling).

3. University of Cambridge

Cambridge merupakan universitas terbaik di dunia versi QS World University Rangkings periode 2011-2012. Sebesar 5,5 persen lulusan kampus ini menjadi jutawan di dunia yang pernah kuliah di universitas. Di antara daftar jutawan lulusan Cambridge, terselip beberapa pekerja di bidang media dan seni, termasuk Stephen Fry. Dia lulus setelah mengambil jurusan Sastra Inggris. Dua tahun setelah lulus, Fry menjadi jutawan setelah sukses menulis ulang karya musikal, Me dan My Girl.

4. University of Leeds

University of Leeds merupakan salah satu kampus terbesar di Inggris. Diperkirakan jumlah mahasiswa yang mengambil program sarjana di kampus ini mencapai 21 ribu orang.

Leeds menghasilkan 3,9 persen jutawan. Salah satu lulusan Leeds yang berhasil menjadi jutawan adalah musisi dari band rock Dire Straits, Mark Knopfler. Saat kuliah, dia belajar Sastra Inggris dan kemudian menulis lagu Millionaire Blues bersama musisi sukses asal Inggris, Sting.

5. University of Manchester

University of Manchester memiliki hampir 40 ribu mahasiswa. Kampus ini menghasilkan 3,5 persen jutawan di Inggris. Selain itu, pengajar dan mantan pengajar kampus ini telah menghasilkan 25 pemenang Hadiah Nobel.

Alumnus Manchester yang menjadi jutawan adalah komedian dan penulis Ben Elton. Saat kuliah, dia belajar drama dan kemudian memulai karir sebagai stand-up comedian dan penulis. Pada 1998, dia menandatangani kontrak sebesar 1,5 juta poundsterling (Rp21,2 miliar) dengan penerbit Transworld. Kontrak ini berlaku untuk dua buku.

6. University of St Andrews

Universitas ini dikenal karena hubungannya dengan Kerajaan Inggris dan sebagai universitas tertua di Skotlandia. Kampus ini menghasilkan 3,5 persen jutawan.

Hal ini dinilai luar biasa, mengingat hanya ada 5 ribu mahasiswa yang mengambil program strata satu di kampus ini. Salah satu lulusan kampus ini yang mendapat ‘rejeki nomplok’ adalah Kate Middleton. Wanita dari kalangan pekerja ini menjadi bagian dari salah satu keluarga terkaya di Inggris, setelah menikah dengan Pangeran William.

7. University of Birmingham

University of Birmingham merupakan almamater dari 2,7 persen jutawan di Inggris. Salah satu lulusan kampus ini yang menjadi jutawan adalah Chris Tarrant. Pembawa acara Who Wants To Be A Millionaire yang disiarkan di negeri Inggris ini mengambil jurusan Sastra Inggris. Tarrant diperkirakan memiliki kekayaan 20 juta poundsterling (Rp283,5 miliar) berkat pekerjaan menjaidi voice over iklan televisi dan penampilan di radio serta televisi.

8. University of Bristol

University of Bristol menawarkan 2,3 persen jutawan yang pernah kuliah di universitas. Mantan mahasiswanya adalah duo komedian Matt Lucas dan David Walliams.

9. University of Edinburgh

University of Edinburgh merupakan pilihan dari 2,3 persen jutawan. Penulis sukses Ian Rankin merupakan alumnus Edinburgh. Dia mulai menulis serial Rebus saat kuliah pascasarjana untuk mendapatkan gelar PhD dalam Sastra Inggris.

10. Aston University

Aston University yang ada di Birmingham bertanggung jawab telah mendidik dua persen jutawan. Salah satu alumnusnya adalah mantan bos British Petroleum (BP), Tony Hayward.

Saat kuliah, Hayward belajar geologi. Pada 2009, dia mendapat gaji tahunan sebesar 1 juta poundsterling (Rp14,1 miliar) dan bonus sebesar 2 juta poundsterling (Rp28,3 miliar). Kini, dia menjalankan bisnis bersama Nat Rothschild.

About smpn35jakarta

Jl. Kayu Manis Gg. KH. Raiman No.71B Condet Balekambang Kramat Jati Jakarta Timur, Telp. 021 - 8004945 Fax. 021 80876578 Email : smpn35_jaktim@yahoo.co.id

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Social Networking

Twitter Terbaru

SMP Negeri 35 Statatistik

  • 96,620 Pengunjung
%d blogger menyukai ini: